Studi Wisata merupakan program tahunan SMP Islam Al Azhar 19 Cibubur yang mengajak murid kelas IX untuk berkunjung mengeksplorasi keragaman ilmu pengetahuan dan budaya ke sebuah tempat. Studi wisata Tahun pembelajaran 2024/2025 kembali dilaksanakan dengan pilihan kunjungan ke kota Apel, yaitu kota Malang.
Tahun ini studi wisata membawa rombongan murid kelas IX, Angkatan ke-17, yang memiliki nama angkatan _MARVELOUS, singkatan dari eternal, solidarity, marvelous.
Studi wisata Angkatan ke-17 ini mengusung tema *Heritage and Culture Trip.*
Kegiatan ini berlangsung selama lima hari. Perjalanan yang cukup melelahkan namun memberikan kenangan yang tak terlupakan. Bagaimana tidak?
Pembelajaran baik dan bermakna ini dilaksanakan dengan paket lengkap, yaitu penelitian, wisata, dan kunjungan budaya.
Murid-murid dipersiapkan jauh-jauh hari untuk membuat karya ilmiah sederhana, yang berkaitan dengan destinasi yang akan dikunjungi. Murid dibagi dalam beberapa kelompok dan didampingi oleh guru-guru pendamping penulisan karya ilmiah. Mirip-mirip seperti penelitian di perguruan tinggi, yang didampingi dosen pembimbing skripsi.
“Tidak hanya berwisata, tapi fokus meneliti” adalah kata wasiat yang terus didengungkan dalam studi wisata ini. Sebagai komitmen bahwa SMP Islam Al Azhar 19 benar-benar ingin menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan yang bermanfaat bagi murid dan tidak ingin program ini menjadi program yang sia-sia.
Studi wisata ini juga menjadi ajang melatih kemandirian. Murid dibawa berangkat ke Malang menggunakan kereta, yang mengharuskan mereka mandiri untuk _handling_ bagasi dan barang-barangnya. Kemudian murid harus mandiri saat harus jauh dari orang tua selama lima hari, murid harus mandiri dalam menerapkan pola ibadah saat di perjalanan, serta mandiri dalam melakukan penelitian di destinasi yang dikunjungi, seperti menyiapkan perlengkapan dan mencari narasumber.
Pada akhirnya, Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan sangat baik dan berkesan. Semoga melalui program baik ini, sekolah mampu memberikan pembelajaran yang baik dan bermakna karena telah memenuhi kriteria yang diinginkan. Seperti melibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, bukan hanya sebagai penerima informasi. Kemudian menggunakan metode yang variatif berupa diskusi, proyek, dan eksperimen.
Melalui studi wisata, murid mampu mengintegrasikan dan menghubungkan pengetahuan baru, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, mengembangkan kemampuan berkomunikasi, mengembangkan kemampuan kerja sama dan kolaborasi, mengembangkan kemampuan beradaptasi, mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, dan mengembangkan kemampuan berinovasi.
Semoga kegiatan ini menjadi kegiatan yang selalu bernilai baik di mata murid dan orang tua, serta bernilai ibadah di hadapan Allah Swt.
Kegiatan akhir untuk membangun rasa empati, sayang sesama, dan berbagi kami mengajak murid- murid untuk mengumpulkan amal mariyah untuk sebuah masjid yang kami sambangi dan salat jamah bersama. semoga ini menjadi pembiasaan baik bagi murid- murid SMPIA 19.
Beberapa dokumentasi lain